Thursday, November 18, 2004

Lebaran di Ambon

Akhirnya saya bisa update blog lagi. Meski akses internet pada salah satu warnet di Kota Ambon ini termasuk lammmaaaanya minta ampun.

Oh ya, saya kebetulan lagi ada kegiatan di Ambon, jadi sekalian mudik untuk Lebaran.

Lebaran di Ambon, memang gak beda dengan daerah lainnya di tanah air. Bedanya, lebaran kali ini di Ambon, dilaksanakan di Lapangan Merdeka, yang berada di pusat kota. Ini dimungkinkan karena kondisi di Ambon sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Lebaran di Lapangan Merdeka ini, baru diadakan lagi setelah yang terakhr 5 tahun lalu.

Bahkan malam takbirannya, diwarnai karnaval mobil hias keliling kota, yang melewati daerah mayoritas Muslim maupun Non Muslim. Memang sampai hari ini pemukiman warga masih terkesan mengikuti agama si pemeluk. Atau terkesan tersegregasi. Hanya Desa Wayame yang warganya mix (Muslim dan Non Muslim).

Yang lebih membanggakan, karena lebaran bertepaan dengan hari Minggu, saudara-saudara yang Kristiani yang biasanya ke Gereja di pagi hari untuk menjalankan ibadahnya, sepakat untuk memundurkan waktu ibadahnya. Yang biasanya ibadaha pagi antara jam 7 atau jam 8 pagi, ditunda menjadi jam 10.

Alasan penundaan itu, karena mereka ingin berpartisipasi menjaga keamanan saudara-saudara muslim ketika melaksanakan shalat Ied. Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar.

Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin...Mohon Maaf Lahr Batin.

1 comment:

God Is Not Anemia said...
This comment has been removed by a blog administrator.